Heboh Penemuan Batu Akik di Pinggir Jalan Raya Jakarta


Heboh.co - Perjuangan pecinta batu akik benar-benar luar biasa. Sampai-sampai sebuah batu yang ada di pinggir jalan Jakarta tidak luput dari pengamatan mereka. Sebuah batu cukup besar di Jl Mandala, Tomang, Jakarta Barat, harus "tabah" dipahati oleh warga karena diduga merupakan batu akik.

Warga berkerumun di sekitar batu itu dengan peralatan pahat dan palu. Seorang bapak separuh baya jongkok sembari mengamati batu itu. Ia tampak mencari area yang mudah dipahat. Tak lama, tangannya lincah memukul-mukulkan palu dan pahat ke batu tersebut.

"Sudah cukup lama juga dipahatinya, dulunya besar sekarang sudah berkurang ukurannya," ujar salah seorang warga Tomang, Pak Amin, kepada wartawan, Jumat (8/5/2015). 

Batu itu memang terlihat seperti bongkahan semen. Namun menurut Pak Amin yang sudah membuktikannya, batu itu memang batu akik.

"Saya sudah pernah ambil dan coba gosok ternyata memang benar itu batu akik," katanya. 

Budi, seorang tukang ojek yang sering mangkal di daerah itu mengaku penemuan batu tersebut sudah ada sejak 8 bulan lalu. Saat itu, batu yang berada di pinggir jalan itu menarik perhatian karena memiliki kontras warna hijau yang mirip dengan batu akik jenis zamrud.

"Batunya sudah ada 8 bulan lalu. Karena berwarna hijau dikira zamrud sama warga jadinya ramai yang ambil-ambilin," jelas Budi saat berbincang dengan detikcom, Jumat (8/5/2015).

Berbeda dengan Pak Amin, menurut Budi batu itu hanyalah batu semen biasa. Sedangkan warna hijau yang mucul ialah keramik bekas botol bir.

"Karena rumah kosong tempat lokasi batu dulunya bekas gudang pembuatan bir. Jadi mungkin itu bekas kaca botol yang pecah," jelas Budi.

Nah lho... Itu batu beneran batu akik atau cuma batu semen? Ada yang berminat membuktikannya?



Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment