Heboh Penumpang Kereta Diturunkan di Tengah Jalan Karena Ketauan Merokok


Heboh.co - Iseng banget penumpang ini. Sudah ada larangan merokok, mereka tetep nekat merokok di dalam kereta. Alhasil, ya mereka terpaksa diturunkan di tengah jalan.

Kereta yang ditumpangi mereka adalah kereta Jakarta-Malang. Arys, anggota Polisi Khusus Kereta (Polsuska) menjelaskan, pihak kereta api harus melaksanakan hukuman tersebut sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan.

"(Yang kedapatan merokok) Enggak didenda, tapi diturunkan di stasiun berikutnya. Itu ada aturannya di tiket, nomor 13," kata Arys kepada merdeka.com, Rabu (6/5).

Padahal di tiap sudut kereta sudah ada peringatan larangan merokok. Tapi peringatan itu tidak dianggap oleh sebagian penumpang.

"Mereka ini tadi merokok di luar (saat kereta berhenti di stasiun perhentian sementara), tapi pas kereta sudah jalan (menuju Stasiun Tegal) mereka masih merokok. Kan aturannya enggak boleh merokok di kereta," tegas Arys.

Para penumpang yang bandel ini diinterogasi oleh Kapten perjalanan. Alasan mereka merokok karena ingin menghabiskan rokok yang masih menyala. Tanggung kalau dibuang.

"Ya kita enggak tahu (menghabiskan atau baru)," tutur Arys.

Menurut Arys, apabila aturan tidak ditegakkan, maka penanggung jawab perjalanan kereta yang akan menerima akibatnya.

"Pernah kejadian ada yang dipindahkan ke Aceh karena ada yang tidur di selasar tapi tidak ditegur. Bukannya tidak ditegur tapi dia tidak tahu," tutur Arys.

Menurut Arys, penumpang yang kedapatan merokok mayoritas ditemui di kereta-kereta ekonomi. Selain merokok, penumpang kereta ekonomi juga kerap tidur di lintasan.

Oleh sebab itu, Arys meminta masyarakat untuk membaca dengan teliti aturan yang tertera di balik tiket kereta jarak jauh. Hal itu, menurut Arys, demi kebaikan bersama.

Beberapa dari penumpang yang kedapatan merokok di kereta berdestinasi Semarang dan Malang. Kelimanya diturunkan di Stasiun Tegal.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment